Kamis, 04 Januari 2024

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

 

Nama : Yohanna Putri Rosari 

NPM : 23022510029

PPG Prajabatan Gel.1 2023


 

    Untuk mempersiapkan generasi mendatang, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan 6 Profil Pelajar Pancasila yang harus ditumbuhkembangkan pada peserta didik.

 

Pengimplementasian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kurikulum Merdeka merupakan upaya dalam mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila. Dengan kata lain, program-program kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka adalah kegiatan yang dapat (harus) menumbuhkan serta mengembangkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang tercermin pada 6 profil Pancasila sebagai entitas dan identias bangsa diantaranya:



Adapun pengimplementasian P5 pada kurikulum merdeka tidak terintegrasi dalam pembelajaran setiap mata pelajaran melainkan mempunyai porsi khusus dalam setiap alokasi jam mata pelajaran yang membuat peserta didik memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka dengan belajar dari teman mereka, guru, bahkan sampai pada tokoh masyarakat sekitar. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang menekankan pada Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek.

Pengimplementasian P5 disatuan Pendidikan memiliki lingkup tema, diantaranya:


1.    Gaya Hidup Berkelanjutan

2.    Kearifan Lokal

3.    Bhinneka Tunggal Ika

4.    Bangunlah Jiwa dan Raganya

5.    Suara Demokrasi

6.    Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

7.    Kewirausahaan

Adapun contoh konkret mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka yaitu sebuah kelas sekolah dasar memilih tema “Gaya hidup berkelanjutan”, dengan projek membuat produk pupuk alami dari sisa makanan. Dengan aspek profil pelajar Pancasila diantaranya :

·         Gotong royong

Peserta didik saling berkerja sama dalam membuat projek, mengumpulkan sisa makanan hingga membuatnya menjadi pupuk

·         Kreatif

Peserta didik mampu memodifikasi dan menghasilkan benda dari yang tidak berguna (sampah sisa makanan) menjadi pupuk yang berguna menyuburkan tanaman

·         Bernalar kritis

Peserta didik secara objektif memproses sampah sisa makanan menjadi pupuk yang berguna dengan menganalisi informasi penting terkait langkah pengerjaanya seperti wawancara dengan orang yang ahli, melakukan kajian literatur dll

Setelah memilih tema dan jenis projek dan aspek profil pelajar Pancasila yang akan diekmbangkan, kelas tersebut akan membuat alur kegiatan untuk dijalankan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

  Nama : Yohanna Putri Rosari   NPM : 23022510029 PPG Prajabatan Gel.1 2023       Untuk mempersiapkan generasi mendatang, ...