Nama : Yohanna Putri Rosari
NPM : 23022510029
Prodi: PPG-PGSD Prajabata
1. Mahasiswa mengobservasi secara kritis tanda dan simbol yang ada di ekosistem
sekolah dan proses pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan
terhadap kebhinekatunggalikaan.
Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan
mengenai tanda dan simbol dari penerapan penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan dapat dilihat
dari:
a.
Para siswa di SDN 060878 Jl. Gunung
Krakatau selalu
ditanamkan sifat toleransi, baik itu toleransi
agama, budaya, suku dan fisik. Tidak dibenarkan jika terdapat siswa yang tidak menerapkan sistem
toleransi tersebut.
b.
Penerapan pembelajaran di SDN 060878 Jl. Gunung
Krakatau rutin diadakannya kegiatan diskusi bersama atau kerja kelompok karena
dengan berdiskusi siswa akan tercipta sikap-sikap yang mengharuskan untuk menerapkan nilai kebhinnekaan melalui
berargumen, mendengar dan menghargai. Sehingga
sangat mencerminkan adanya penghargaan danpenghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan
dilingkungan kelas.
c.
Menegakkan profil pelajar
pancasila. Guru mengajarkan mengenai profil pelajar
pancasila dan sekolah menyediakan fasilitas dan prasarana yang
mendukung. Seperti adanya kegiatan
berdoa sesuai agama masing-masing, melaksanakan jumat bersih (gotong-royong), menegakkan sifat sopan santun, mengadakan kegiatan seni dan pelaksanaan projek.
d.
Setiap 1 minggu sekali diadakan literasi di luar kelas agar
tertanam di dalam diri siswa suka membaca.
e.
Pelaksanaan pengembangan bakat setiap hari sabtu, yang mencerminkan adanya kebhinekaan disini yaitu sila ke-3 persatuan Indonesia.
Dimana walaupun berbeda suku akan
tetapi masih tetap bisa bersatu khusunya
dalam menarikan tarian
daerah.
Berikut ini gambar kegiatan :
Gambar |
Keterangan |
|
Makan bersama dipelataran kelas |
|
Kegiatan literasi didepan halaman
sekolah |
|
Berdoa Bersama menurut kepercayaan
amsing-masing didepan kelas |
|
3S sebelum masuk kelas |
|
Menampilkan pertunjukkan dengan
kontek kebudayaan |
2. Mahasiswa menuliskan secara kritis bagaimana penghayatan nilai-nilai Pancasila yang ada di sekolah menguatkan identitas manusia Indonesia
a.
Sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa Mengandung makna bahwa
bangsa Indonesia bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nilai-nilai yang terkandunug dalam sila pertama
Pancasila antara lain, sebagai berikut:
- Terdapat jadwal pelaksanaan Dhuha berjamaah setiap hari jumat
- Terdapat kegiatan bershalawat bersama-sama ketika Apel pagi
- Penanaman kebiasaan untuk mengucapkan salam ketika memasuki ruangan
- Proses belajar dimulai dengan membaca doa sesuai agama dan kepercayaan masing- masing siswa
- Saling menjaga pertemanan dan hubungan antara rekan yang berbeda agama
- Menjaga lingkungan dengan membersikan sampah sebagai wujud rasa syukur atas ciptaan Tuhan Allah Yang Maha Esa.
b.
Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab Mengandung
makna adanya pengakuan terhadap persamaan
derajat antarsesama manusia
dan bahwa setiap warga negara memiliki
hak dan kewajiban.
- Tidak adanya pembedaan derajat, kasta, dan gender pada lingkungan sekolah
- Tidak ada pemberatasan hak atas peserta
didik
- Peserta didik menghormati guru dan orang yang usianya lebih tua
- Guru saling memberikan contoh untuk berakhlak baik dan memiliki adab yang baik agar dapat dicontoh peserta didik.
c.
Sila ketiga: Persatuan Indonesia
Mengandung makna suatu usaha menuju persatuan
rakyat dalam negara
kesatuan Republik Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga
Pancasila adalah, sebagai berikut:
- Siswa sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan kenaikan bendera dan upacara, serta pelaksanaan apel pagi pada setiap hari
- Tidak adanya praktek rasime atau hinaan yang berunsur dari segi keberagaman
- Siswa selalu bekerjasama dan bergotong royong dalam melakukan sesuatu kegiatan
- Saling menjaga kedamaian tidak adanya kasus yang memecah kebersamaan
- Mencintai budaya dan melestarikan kebudayaan dilingkungan sekolah
d.
Sila
keempat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Mengandung makna tujuan bangsa Indonesia adalah segala keputusan didapatkan dengan memperhatikan dan menghargai pendapat
orang lain. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila
yaitu, sebagai berikut:
- Dalam proses pembelajaran guru selalu menyerahkan seluruh opsi kesepakatan berasal dari peserta didik
- Pengambilan keputusan dan kesepakatan dilakukan secara bermusyawarah dan kesepakatan bersama
- Mau mendengarkan pendapat guru, teman kelas, atau kelompok belajar.
- Proses pembelajaran dirangkai agar siswa aktif berpendapat dan berdiskusi
- Siswa memberikan dan menerima kritikan
secara baik
- Menghadapi dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama
- Saling menghargai kesepakatan yang telah diputuskan.
e.
Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Mengandung makna tujuan bangsa
Indonesia adalah tercapainya masyarakat adil dan Makmur secara lahir dan batin. Nilai-nilai yang
terkandung dalam sila kelima Pancasila adalah,
sebagai berikut:
·
Guru bersikap adil atas seluruh
keberagaman peserta didik
·
Sekolah menyediakan fasilitas dan sarana prasarana yang adil untuk setiap kelas
·
Siswa selalu memperlakukan temannya dengan sikap yang sama
·
Tidak membeda-bedakan
teman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar