selamat malam sahabat calon guru professional, hari ini
mendung semoga hati kita tidak ikutan gerimis ya sahabat. Puji dan
syukur tak henti-hentinya saya ucapkan kepada Tuhan yang Maha Esa, yang telah
memberi saya kesempatan ini. Tak terasa, saat ini sudah sampai di penghujung
topik satu, dan ini adalah tahapan terakhir alur medeka topik satu yaitu “aksi
nyata” yang saya pelajari tentang
pendalaman materi pembelajaran berbasis Teknologi informasi Komputer (TIK) pada
mata kuliah Teknologi Baru Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran . Manfaat secara
umum yang diperoleh adalah mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik di SD
dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap
(karakter Indonesia), pengetahuan, keterampilan peserta didik dalam memecahkan
masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif
, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung oleh
teknologi masa kini.
Secara
khusus, manfaat yang dapat saya peroleh setelah mempelajari topik satu ini
adalah sebagai berikut:
1.
Pada kegiatan belajar pertemuan 1:
Pada
pertemuan 1 terdapat 2 materi pembelajaran yaitu :
a.
Perkembangan teknologi, media, dan metode
pembelajaran
Perkembangan Teknologi, Media dan Metode
Pembelajaran memiliki peran yang sangat besar dalam dunia pendidikan. Seorang
guru profesional harus selalu adaptif dengan perubahan dan perkembangan
Teknologi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.
Wabah pandemi Covid-19 telah “memaksa”
seluruh proses pendidikan beralih dari kelas konvensional ke dalam kelas-kelas
virtual. Kelas-kelas ini tentu saja diakses melalui teknologi dan media
pembelajaran berbasis IT. Perubahan ini tentu saja membawa banyak pengalaman
dan juga tantangan baru dalam pembelajaran.
Selain itu, karakteristik peserta didik
abad 21 tentu saja berbeda dengan generasi sebelumnya. Dampak dari teknologi
telah membawa banyak perubahan sehingga ada banyak hal baru dalam dunia
pendidikan yang menarik dan penting untuk dikaji.
Saat anda belajar di Sekolah Dasar dan
Menengah tentu saja terdapat perbedaan teknologi yang mencolok ketika pada saat
anda berada di perguruan tinggi. Hal ini tidak saja karena perbedaan tingkatan
atau level pendidikan tapi juga karena Perkembangan teknologi itu sendiri.
b.
Karakteristik
peserta didik abad -21 dalam kelompok kecil
Dalam
abad 21 menuntut karakteristik siswa yang memiliki keterampilan belajar dan inovasi, yaitu yang berkait dengan
kemampuan berpikir kritis. Kemampuan ini menuntut kebebasan berpikir
dalam suatu proses pembelajaran.
Ada empat kompetensi yang kiranya
dapat dilatih oleh peserta didik. Keempat kompetensi itu adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan
kreativitas, keterampilan berkomunikasi, serta keterampilan berkolaborasi. Karakteristik Pembelajaran Abad
21 merupakan pembelajaran yang harus
mempersiapkan generasi Abad 21 dengan kemajuan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK atau ICT)
yang berkembang begitu cepat. Perkembangan Teknologi tersebut mempengaruhi berbagai
aspek kehidupan termasuk pada proses pembelajaran.
2.
Pada kegiatan belajar pertemuan 2:
Pada
pertemuan 2 terdapat 2 materi pembelajaran yaitu :
a.
Tahapan Mengadopsi TIK, antara lain :
1.
Emerging
Pada tahap ini
sekolah baru saja mulai memperkenalkan komputer, di mana pada awalnya mungkin
hanya memiliki satu atau dua komputer dan printer, baik hasil sumbangan atau
dibeli oleh Dinas Pendidikan.
2.
Applying
Pada tahap ini
sekolah telah memperoleh tambahan peralatan TIK. Administrator sekolah
menggunakan TIK untuk tugas-tugas manajemen yang lebih terorganisir, sementara
guru mulai mengadaptasi kurikulum dalam rangka meningkatkan penggunaan TIK pada
mata pelajaran yang berbeda, menerapkan perangkat lunak tertentu seperti
menggambar, merancang, membuat model, dan simulasi dalam pengajaran
3.
Infusing
Pada tahap ini, TIK
dimasukkan ke seluruh kurikulum. Hampir semua kelas dilengkapi dengan komputer,
sama halnya juga kantor dan perpustakaan dan sekolah sudah memiliki koneksi
internet. Penanaman TIK pada semua aspek kehidupan profesional guru dengan cara
seperti untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik dan pengelolaan
pembelajaran
4.
Transforming
Pada tahap ini guru
sudah mempunyai rasa percaya diri dan memiliki kemampuan memanfaatkan TIK untuk
pembelajara
b.
Pemanfaatan
perangkat TIK pada pembelajaran Abad-21
Ada banyak
manfaat perangkat teknologi dalam pembelajaran, Apalagi ketika terjadi pandemic
Covid-19 yang telah “memaksa” semua proses pendidikan menggunakan perangkat
teknologi dan media pembelajaran. Manfaat tersebut diantaranya yaitu :
·
Meningkatkan
Efektivitas Pembelajaran
·
Meningkatkan Aktivitas
Kolaborasi
·
Media Komunikasi
3.
Pada kegiatan belajar pertemuan 3:
Pada
pertemuan 3, materi pembahan yakni relevansi karakteristik peserta didik masa
kini (post gen-z) dengan teknologi masa kini. Adapun relevansi tersebut ialah
dalam bentuk keterampilan yang harus dimiliki peserta didiki Abad 21,
diantaranya :
·
Belajar & Inovasi
·
Informasi, media
&Teknologi
·
Hidup & Karir
·
Sistem inovasi
pendukung
·
Literasi Digital
Selama
mengikuti topik satu dalam pembelajaran ini, tidak ada hambatan atau kendala
yang saya alami, semuanya lancar baik dari sinyal dan jaringan maupun materi.
Jika menemui masalah, maka upaya yang dapat saya lakukan adalah lebih memahami
topik untuk didiskusikan pada forum diskusi melalui fasilitas bersama peserta
lain dan instruktur pendamping. Demikian hasil refleksi saya pada modul
terakhir ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar