Jumat, 06 Oktober 2023

Refleksi topik 1_ YOHANNA PUTRI ROSARI

 

selamat malam sahabat calon guru professional, hari ini mendung semoga hati kita tidak ikutan gerimis ya sahabat. Puji dan syukur tak henti-hentinya saya ucapkan kepada Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberi saya kesempatan ini. Tak terasa, saat ini sudah sampai di penghujung topik satu, dan ini adalah tahapan terakhir alur medeka topik satu yaitu “aksi nyata”  yang saya pelajari tentang pendalaman materi pembelajaran berbasis Teknologi informasi Komputer (TIK) pada mata kuliah Teknologi Baru Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran . Manfaat secara umum yang diperoleh adalah mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik di SD dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif , dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung oleh teknologi masa kini.

Secara khusus, manfaat yang dapat saya peroleh setelah mempelajari topik satu ini adalah sebagai berikut:

1.      Pada kegiatan belajar pertemuan 1:

Pada pertemuan 1 terdapat 2 materi pembelajaran yaitu :

a.       Perkembangan teknologi, media, dan metode pembelajaran

Perkembangan Teknologi, Media dan Metode Pembelajaran memiliki peran yang sangat besar dalam dunia pendidikan. Seorang guru profesional harus selalu adaptif dengan perubahan dan perkembangan Teknologi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.

Wabah pandemi Covid-19 telah “memaksa” seluruh proses pendidikan beralih dari kelas konvensional ke dalam kelas-kelas virtual. Kelas-kelas ini tentu saja diakses melalui teknologi dan media pembelajaran berbasis IT. Perubahan ini tentu saja membawa banyak pengalaman dan juga tantangan baru dalam pembelajaran.

Selain itu, karakteristik peserta didik abad 21 tentu saja berbeda dengan generasi sebelumnya. Dampak dari teknologi telah membawa banyak perubahan sehingga ada banyak hal baru dalam dunia pendidikan yang menarik dan penting untuk dikaji.

Saat anda belajar di Sekolah Dasar dan Menengah tentu saja terdapat perbedaan teknologi yang mencolok ketika pada saat anda berada di perguruan tinggi. Hal ini tidak saja karena perbedaan tingkatan atau level pendidikan tapi juga karena Perkembangan teknologi itu sendiri.

 

b.      Karakteristik peserta didik abad -21 dalam kelompok kecil

Dalam abad 21 menuntut karakteristik siswa yang memiliki keterampilan belajar dan inovasi, yaitu yang berkait dengan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan ini menuntut kebebasan berpikir dalam suatu proses pembelajaran.

Ada empat kompetensi yang kiranya dapat dilatih oleh peserta didik. Keempat kompetensi itu adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan berkomunikasi, serta keterampilan berkolaborasi. Karakteristik Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang harus mempersiapkan generasi Abad 21 dengan kemajuan

 

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK atau ICT) yang berkembang begitu cepat. Perkembangan Teknologi tersebut mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses pembelajaran.

2.      Pada kegiatan belajar pertemuan 2:

Pada pertemuan 2 terdapat 2 materi pembelajaran yaitu :

a.       Tahapan Mengadopsi TIK, antara lain :

1.      Emerging

Pada tahap ini sekolah baru saja mulai memperkenalkan komputer, di mana pada awalnya mungkin hanya memiliki satu atau dua komputer dan printer, baik hasil sumbangan atau dibeli oleh Dinas Pendidikan.

2.      Applying

Pada tahap ini sekolah telah memperoleh tambahan peralatan TIK. Administrator sekolah menggunakan TIK untuk tugas-tugas manajemen yang lebih terorganisir, sementara guru mulai mengadaptasi kurikulum dalam rangka meningkatkan penggunaan TIK pada mata pelajaran yang berbeda, menerapkan perangkat lunak tertentu seperti menggambar, merancang, membuat model, dan simulasi dalam pengajaran

3.      Infusing

Pada tahap ini, TIK dimasukkan ke seluruh kurikulum. Hampir semua kelas dilengkapi dengan komputer, sama halnya juga kantor dan perpustakaan dan sekolah sudah memiliki koneksi internet. Penanaman TIK pada semua aspek kehidupan profesional guru dengan cara seperti untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik dan pengelolaan pembelajaran

4.      Transforming

Pada tahap ini guru sudah mempunyai rasa percaya diri dan memiliki kemampuan memanfaatkan TIK untuk pembelajara

b.      Pemanfaatan perangkat TIK pada pembelajaran Abad-21

Ada banyak manfaat perangkat teknologi dalam pembelajaran, Apalagi ketika terjadi pandemic Covid-19 yang telah “memaksa” semua proses pendidikan menggunakan perangkat teknologi dan media pembelajaran. Manfaat tersebut diantaranya yaitu :

·         Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

·         Meningkatkan Aktivitas Kolaborasi

·         Media Komunikasi

3.      Pada kegiatan belajar pertemuan 3:

Pada pertemuan 3, materi pembahan yakni relevansi karakteristik peserta didik masa kini (post gen-z) dengan teknologi masa kini. Adapun relevansi tersebut ialah dalam bentuk keterampilan yang harus dimiliki peserta didiki Abad 21, diantaranya :

·         Belajar & Inovasi

·         Informasi, media &Teknologi

·         Hidup & Karir

·         Sistem inovasi pendukung

·         Literasi Digital

Selama mengikuti topik satu dalam pembelajaran ini, tidak ada hambatan atau kendala yang saya alami, semuanya lancar baik dari sinyal dan jaringan maupun materi. Jika menemui masalah, maka upaya yang dapat saya lakukan adalah lebih memahami topik untuk didiskusikan pada forum diskusi melalui fasilitas bersama peserta lain dan instruktur pendamping. Demikian hasil refleksi saya pada modul terakhir ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

  Nama : Yohanna Putri Rosari   NPM : 23022510029 PPG Prajabatan Gel.1 2023       Untuk mempersiapkan generasi mendatang, ...