Senin, 04 Desember 2023

TUGAS AKSI NYATA TOPIK 4 FILOSOFI_YOHANNA PUTRI ROSARI

 

Tugas :

Mahasiswa membuat sebuah tulisan reflektif dalam bentuk artikel atau jurnal untuk menguatkan pemahaman tentang Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dalam Pendidikan Abad ke-21 dengan mengacu pada panduan berikut:

Pertanyaan:

1.      Mahasiswa mengobservasi secara kritis apa tantangan menghayati Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dalam Pendidikan Abadke-21.

Jawaban :

Berdasarkan hasil observasi kritis  di SDN 060878 Jl. Gunung krakatu (Sekolah PPL) yang saya lakukan, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam menghayati Pancasila sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia dan perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dalam Pendidikan Abad ke-21. Tantangan tersebut diantaranya:

ü  Pertama, dengan adanya pandemi pada awal tahun 2020 mengakibatkan mudahnya semua manusia termasuk peserta didik untuk mengakses internet yang dapat membuat mereka lebih mengenal apa yang disukai terutama mengenai kebiasaan, budaya atau nilai-nilai bangsa lain dibanding dengan negara sendiri. Sehingga mereka kurang menjiwai dan menghayati setiap nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai entitas dan identitas diri bangsa Indonesia.

ü  Kedua, lunturnya nilai-nilai karakter peserta didik akibat kurangnya pembiasaan dan pengarahan.

ü  Ketiga, dalam upaya perwujudan profil pelajar pancasila pada pendidikan juga masih terdapat tantangan yaitu diantaranya masih banyak guru yang belum memahami bagaimana implementasi PPP di sekolah, sehingga diperlukan pelatihan atau diklat terkait hal tersebut. Hal tersebut dimaksudkan agar PPP dapat terwujud dengan baik dan mampu menyelenggarakan pendidikan yang berpihak pada peserta didik di abad ke-21 ini. Kemudian Terdapat tantangan Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik Abad ke-21 dalam mempertahankan identitas nasional di era globalisasi antara lain 1) hedonisme, 2) memudarnya sikap gotong royong, 3) memudarnya rasa nasionalisme dan patriotism dan 4) memudarnya sikap sopan santun.

Adapun upaya untuk mempertahankan 1) menerapkan nilai-nilai Pancasila, 2) menanamkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme, 3) mengutaman sikap persatuan dan kesatuan dan 4) memanfaatkan situs jejaring sosial.

Pertanyaan :

2.      Mahasiswa menuliskan secara kritis bagaimana Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dalam Pendidikan Abad ke-21 di ekosistem sekolah (kelas).

Jawaban :

Untuk menanamkan nilai Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dalam Pendidikan Abad ke-21 dalam ekosistem sekolah khususnya ruang kelas adalah dengan melakukan pembiasaan yang didasari dari keputusan kepala BSKAP nomor 009/h/kr/2022 tentang Dimensi Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Adapun enam dimensi Profil Pelajar Pancasila terdiri dari: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. 2) mandiri. 3) bergotong royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernallar kritis, dan 6) kreatif. Keenam dimensi profil pelajar Pancasila tersebut perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Adapun dalam ekosistem sekolah (kelas), peserta didik diarahkan agar mampu memiliki karakter serta kompetensi yang sesuai dengan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila. Beberapa perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada bidang Pendidik yang berpihak pada Peserta didik dalam Pendidikan Abad ke-21 dapat dilakukan dengan menerapkan ke enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu:

ü Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia Terdapat 5 elemen kunci dalam elemen ini, yakni: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Berdasarkan elemen kunci tersebut, guru dapat mewujudkannya dengan cara menanamkan rasa sayang, peduli, hormat, dan menghargai diri sendiri sebagai wujud dalam sikap integritas. Selain itu guru juga dapat melakukan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah memulai kegiatan serta mengapresiasi kelebihan dan mendukung mereka dalam mengembangkan kelebihan tersebut.

ü Mandiri Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri. Contohnya guru dapat memberikan tugas mandiri agar peserta didik mampu untuk mengatur pikiran, perasaan dan perilaku dirinya untuk mencapai tujuan belajar serta mengembangkan dirinya baik dibidang akademik maupun non akademik.

ü Bergotong royong Elemen kunci dari berkebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan. Guru dapat memberikan tugas berkelompok agar peserta didik mampu menjalin kolaborasi untuk bekerja sama dengan orang lain disertai perasaan senang ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain.

ü Berkebinekaan global Elemen kunci dari berkebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuant komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan. Contohnya guru dapat mengenalkan berbagai kebudayaan Indonesia dan meminta peserta didik mencoba untuk melakukan salah satunya sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, guru juga dapat menanamkan rasa saling menghargai berbagai budaya lain.

ü Bernalar Kritis Elemen-elemen dari beralar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir dalam mengambilan keputusan. Contohnya guru memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning dan Project Based Learning.

ü Kreatif Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal serta memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. Guru dapat memberikan proyek untuk dapat menghasilkan karya yang orisinil sesuai dengan minat dan kesukaan dari masing-masing peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

  Nama : Yohanna Putri Rosari   NPM : 23022510029 PPG Prajabatan Gel.1 2023       Untuk mempersiapkan generasi mendatang, ...